Tautan-tautan Akses

Korut Kirim Delegasi Tingkat Tinggi ke Olimpiade


Pemimpin Korut Kim Jong Un (kanan) berbicara dengan Choe Ryong Hae di Pyongyang (foto: dok). Choe Ryong Hae memimpin delegasi tingkat tinggi Korut ke Olimpiade.

Pemimpin Korut Kim Jong Un (kanan) berbicara dengan Choe Ryong Hae di Pyongyang (foto: dok). Choe Ryong Hae memimpin delegasi tingkat tinggi Korut ke Olimpiade.

Delegasi itu, telah berangkat dari Pyongyang, tetapi tidak memberi keterangan mengenai apa yang hendak dilakukan oleh para pejabat tinggi itu di Rio de Janeiro, Brazil.

Korea Utara hari Sabtu (30/7) mengirim delegasi tingkat tinggi, yang dipimpin oleh seorang pembantu utama pemimpin Kim Jong Un, ke Rio de Janeiro untuk Olimpiade yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat, kata media pemerintah.

Kantor berita resmi Korea Utara mengatakan delegasi itu, yang dipimpin oleh Choe Ryong Hae, wakil ketua Komisi Masalah Negara, telah berangkat dari Pyongyang, tetapi tidak memberi keterangan mengenai apa yang hendak dilakukan oleh para pejabat tinggi itu di Rio de Janeiro atau berapa lama mereka berada di sana.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa Choe dan anggota lain delegasi Korea Utara itu tiba di Beijing Sabtu (30/7) pagi dan tidak jelas apakah mereka akan bertemu dengan para pejabat China sebelum menuju Brazil.

Korea Utara, yang telah dikenakan sanksi internasional yang berat karena percobaan nuklir dan peluncuran roket jarak-jauhnya sebelumnya tahun ini, sebelumnya telah menggunakan pesta olah raga internasional sebagai panggung untuk usaha terobosan diplomatik.

Choe turut dalam delegasi teras Korea Utara yang berkunjung ke Korea Selatan bulan Otober tahun 2014, ketika kedua negara yang bersaingan itu mengadakan pembicaraan tingkat tinggi pada waktu pesta olah raga Asian Games di Incheon untuk meredakan ketegangan. [gp]

XS
SM
MD
LG