Tautan-tautan Akses

Korea Utara Keluarkan Ancaman Perang Lagi dengan Selatan


Dua tentara Korea Selatan melihat lukisan pemimpin Korut, Kim Jong Il di Museum Peringatan Perang Korea di Seoul (foto: dok.).

Pejabat Korut mengatakan Seoul harus minta maaf karena tentara Korsel mempertunjukkan semboyan yang memfitnah tentara Korut.

Korea Utara telah mengeluarkan ancaman baru “perang suci” terhadap tetangganya di selatan, hanya beberapa jam sebelum pertemuan dengan para pejabat dan pengusaha Korea Selatan untuk membicarakan masa depan tempat wisata Korea Utara.

Kantor berita resmi Korea Utara KCNA mengutip seorang pejabat yang tidak disebut namanya hari Rabu mengatakan satuan-satuan tentara Korea Selatan mempertunjukkan semboyan-semboyan yang memfitnah tentara Korea Utara. Pejabat itu mengatakan pemerintah Seoul harus minta maaf dan menghukum pelakunya, kalau tidak, Korea Selatan tidak akan luput dari “konsekuensi dahsyat yang di luar dugaan.”

Sifat dari fitnahan yang dituduhkan tidak jelas. Namun, Pyongyang marah sebelumnya bulan ini oleh laporan bahwa tentara Korea Selatan menggunakan foto-foto pemimpin Korea Utara Kim Jong Il dan putranya Kim Jong Un sebagai sasaran di lapangan tembak. Perbuatan itu telah dihentikan.

Masalah terbaru ini terjadi ketika delegasi Korea Selatan sedang menuju tempat pariwisata Kunming di pegunungan Korea Utara untuk membicarakan sengketa yang telah menghentikan kunjungan wisatawan ke tempat itu sejak tahun 2008.

XS
SM
MD
LG