Tautan-tautan Akses

Tutup Kaesong, Korea Utara akan Kehilangan Jutaan Dolar


Korea utara diperkirakan akan kehilangan puluhan juta dolar setahun jika menutup kompleks industri Kaesong (foto: dok).

Korea utara diperkirakan akan kehilangan puluhan juta dolar setahun jika menutup kompleks industri Kaesong (foto: dok).

Korea Utara akan kehilangan puluhan juta dolar setahun jika menutup kompleks industri Kaesong, sumber utama devisa bagi ekonominya yang bermasalah.

Kompleks pabrik berusia delapan tahun yang dioperasikan bersama dengan Korea Selatan itu merupakan hubungan ekonomi langsung terakhir antara kedua negara Korea itu.

123 perusahaan Korea Selatan di kompleks yang terletak 10 kilometer sebelah utara zona demiliterisasi yang memisahkan Korea Utara dan Selatan itu mempekerjakan 53.000 warga Korea Utara, dan pemerintah komunis negara itu mengambil porsi signifikan dari gaji para pekerja sekitar $ 110 per orang per bulan.

Peterson Institute for International Economics, lembaga riset ekonomi internasional yang berkantor di Washington DC memperkirakan zona itu menghasilkan sekitar $ 90 juta uang tunai setahun bagi Korea Utara dalam bentuk upah, sewa, berbagai jenis biaya dan pajak.

Mantan pejabat Departemen Luar Negeri Mitchell Reiss mengatakan kepada VOA ia meragukan Korea Utara bermaksud menutup fasilitas itu secara permanen.

Reiss mengatakan tanggapan keras presiden Korea Selatan Park Geun-hye atas sikap pemerintah Korea Utara yang menyerempet bahaya mengejutkan rakyat negara itu.

Reiss mengatakan potensi dampak ekonomi atas penutupan fasilitas itu terhadap Korea Selatan sebagai minimal.
XS
SM
MD
LG