Tautan-tautan Akses

Korea Utara akan Gelar Kongres Partai Pekerja


Acara kongres Partai Pekerja di Korea Utara (foto: dok). Kim Jong Un diperkirakan menggunakan acara Kongres ini untuk memperkuat kekuasaannya.

Acara kongres Partai Pekerja di Korea Utara (foto: dok). Kim Jong Un diperkirakan menggunakan acara Kongres ini untuk memperkuat kekuasaannya.

Korea Utara akan menggelar kongres Partai Pekerja tanggal 6 Mei mendatang.

Pengumuman oleh kantor berita resmi Korea Utara KCNA hari Rabu (27/4) itu tidak menjelaskan berapa lama kongres itu akan berlangsung atau rincian agenda acaranya.

Kongres – yang ketujuh sejak berdirinya Korea Utara tahun 1940an – itu merupakan yang pertama sejak tahun 1980.

Beberapa pengamat yakin pemimpin Kim Jong Un akan menggunakan acara itu untuk memperkuat kekuasaannya dengan menegaskan klaim kemajuan program nuklir dan misil balistik baru-baru ini. Para analis juga akan memperhatikan dengan seksama perubahan kebijakan atau perombakan pejabat penting apapun.

Dalam kongres tahun 1980, mendiang ayah Kim – Kim Jong Il – muncul sebagai pengganti ayahnya, pendiri Korea Utara Kim Il Sung.

Korea Utara telah melakukan serangkaian uji peluncuran misil secara terus menerus dalam beberapa pekan ini, meskipun sanksi-sanksi baru yang lebih kuat telah diberlakukan oleh PBB terkait uji nuklir keempat bulan Januari lalu dan uji misil balistik pada bulan berikutnya. Korea Selatan telah mengingatkan bahwa Korea Utara akan melakukan uji nuklir kelima tak lama setelah kongres Partai Pekerja dimulai. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG