Tautan-tautan Akses

Seoul: Korut Eksekusi Lagi Seorang Pejabat Tinggi


Kim Yong Jin, Wakil Menteri urusan Pendidikan Korut (tengah) dilaporkan telah dieksekusi (foto: dok).

Kim Yong Jin, Wakil Menteri urusan Pendidikan Korut (tengah) dilaporkan telah dieksekusi (foto: dok).

Seorang pejabat tinggi pemerintah Korea Utara dilaporkan telah dieksekusi, dan dua lainnya di masukan ke kamp rehabilitasi.

Korea Selatan mengatakan, seorang pejabat tinggi pemerintah Korea Utara telah dieksekusi, dan dua lainnya dimasukkan ke kamp rehabilitasi, sementara pemimpin Kim Jong Un melanjutkan usahanya untuk memperkokoh cengkeramannya pada kekuasaan.

Menteri Unifikasi Korea Selatan Jeong Joon Hee Selasa (31/8) mengatakan bahwa Wakil Menteri urusan Pendidikan Korut, Kim Yong Jin telah dieksekusi, namun Hee tidak memberikan rincian lebih jauh.

Seorang pejabat kementrian yang dirahasiakan namanya belakang mengatakan, Kim Yong Jin dieksekusi di hadapan regu tembak setelah ia dituduh menunjukkan sikap buruk sewaktu menghadiri sidang parlemen Juni lalu. Kim dituduh melakukan tindakan-tindakan anti-partai dan anti-revolusi.

Sementara itu, salah satu dari dua tokoh senior yang dikirim ke kamp rehabilitasi adalah Kim Yong Chol. Pria berusia 71 tahun ini diyakini sebagai orang yang merencanakan penenggelaman kapal perang Korea Selatan pada 2010.

Jika dikukuhkan, kematian Kim Yong Jin merupakan yang terbaru dari gelombang penghukuman, termasuk eksekusi, yang diperintahkan Kim Jong Un sejak berkuasa pada 2011.

Februari lalu, Seoul mengatakan kepala staf militer Korea Utara telah dieksuksi, namun belakangan ia muncul pada sebuah rapat akbar partai pada bulan Mei. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG