Tautan-tautan Akses

Korut dan Korsel Tetapkan Tanggal untuk Reuni Keluarga


Reuni keluarga korban perang Korea akan diadakan antara 30 Oktober dan 5 November di peristirahatan Gunung Kumgang, Korut.

Korea Utara dan Selatan telah mencapai kesepakatan untuk melanjutkan rencana reuni keluarga yang terpisah sejak Perang Korea 60 tahun yang lalu.

Juru bicara Kementerian Penyatuan Korea Selatan mengatakan reuni tersebut akan diadakan antara tanggal 30 Oktober dan 5 November di sebuah pusat reuni dan hotel di tempat peristirahatan Gunung Kumgang, Korea Utara.

Persetujuan itu dicapai hari ini dalam pembicaraan antara kedua pihak di kota perbatasan Korea Utara, Kaesong. Dua babak pembicaraan sebelumnya yang dilakukan bulan lalu gagal mencapai kesepakatan mengenai tempat reuni.

Pyongyang menghendaki Seoul untuk melanjutkan kunjungan wisatawan ke tempat wisata Gunung Kumgang. Kunjungan wisatawan Korsel mendatangkan devisa yang sangat dibutuhkan bagi rejim yang kekurangan uang itu.

Pariwisata ke Korea Utara dihentikan oleh pemerintah Seoul setelah seorang wanita Korea Selatan ditembak mati oleh pengawal Korea Utara pada tahun 2008, ketika wanita tersebut memasuki zona militer yang terlarang.

XS
SM
MD
LG