Tautan-tautan Akses

Kerry: Korea Utara Belum Penuhi Syarat untuk Berunding


Menlu AS John Kerry (kiri) dalam konferensi pers bersama Menlu Korsel Yun Byung-se di Seoul, Senin (18/5).

Menlu AS John Kerry (kiri) dalam konferensi pers bersama Menlu Korsel Yun Byung-se di Seoul, Senin (18/5).

Dalam konferensi pers Senin (18/5), Menlu AS John Kerry mengatakan Korea Utara belum siap untuk mengambil langkah menghentikan program senjata nuklirnya.

Menlu Amerika John Kerry telah bertemu dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye dan Menlu Yun Byung-se di Seoul untuk membahas keamanan di semenanjung Korea dan isu-isu bilateral.

Dalam konferensi pers bersama setelah pertemuan hari Senin (18/5), Kerry mengatakan Korea Utara "sama sekali belum siap" untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghentikan program senjata nuklirnya sehingga Amerika bisa memulai perundingan, dan karena itu perlu ditingkatkan tekanan terhadap Korea Utara.

Korea Utara sudah dikenai sanksi-sanksi berat oleh PBB karena melakukan uji coba misil dan senjata nuklirnya.

Kerry juga mengatakan mungkin Korea Utara akan dirujuk ke Mahkamah Kejahatan Internasional jika pelanggaran-pelanggaran HAM-nya terus berlanjut.

Hari Minggu di Beijing, Kerry bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Pejabat senior Departemen Luar Negeri mengatakan mereka membahas komitmen bersama untuk membebaskan semenanjung Korea dari senjata nuklir dan sepakat mengenai pentingnya mempertahankan tekanan terhadap Korea Utara.

XS
SM
MD
LG