Tautan-tautan Akses

Korea Utara Batal Kirim Cheerleaders ke Asian Games di Incheon


Tiga maskot resmi pesta olahraga Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan yang akan berlangsung mulai 19 September mendatang (foto: dok).

Tiga maskot resmi pesta olahraga Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan yang akan berlangsung mulai 19 September mendatang (foto: dok).

Korea Utara mengatakan Kamis (28/8), mereka tidak akan mengirim tim pemandu sorak seperti yang dijanjikan untuk Asian Games 2014 di Korea Selatan bulan depan.

Tampil di televisi pemerintah hari Kamis (28/8), Son Kwang Ho, wakil presiden Komite Olimpiade Nasional Korea Utara, mengatakan "Korea Selatan menyebut tim pemandu sorak itu sebagai subversi politik untuk menimbulkan masalah, dan mempermasalahkan jumlah pesertanya dan bahkan menyinggung biaya yang menyebabkan pembicaraan gagal.”

Kedua pihak telah membahas persiapan pengiriman 350 pemandu sorak Korea Utara ke pekan olahraga Asia.

Korea Utara terakhir kali mengirim tim pemandu sorak ke Korea Selatan untuk acara Kejuaraan Atletik Asia 2005 di Incheon.

Para pemandu sorak Korea Utara adalah atraksi populer yang langka, dan mendapat pujian dari rakyat Korea Selatan atas koreografinya yang serasi dan pesan damai sorak-sorai.

Pyongyang mengumumkan bulan Juli bahwa tim pemandu sorak itu akan mendampingi 150 atlet untuk Asian Games tahun ini di Incheon. Para atlet Korea Utara diperkirakan akan tetap hadir.

XS
SM
MD
LG