Tautan-tautan Akses

Korut akan Bangun Reaktor Nuklir Baru


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il

Kantor berita Pyongyang hari Selasa mengatakan reaktor air ringan akan selesai dalam dekade mendatang.

Korea Utara mengatakan akan membangun sebuah reaktor nuklir baru “dalam waktu dekat” yang akan memungkinkan negara itu menghasilkan bahan bakarnya sendiri.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor berita sentral Korea, di Pyongyang hari Selasa, Korea Utara mengatakan reaktor air ringan akan selesai dalam dekade mendatang. Reaktor air ringan menggunakan air biasa sebagai pendingin, lebih sederhana dan murah pembangunannya daripada jenis reaktor lainnya.

Perkembangan itu terjadi selagi upaya diplomatik terus berlanjut guna menghidupkan kembali perundingan yang macet guna mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara. Korea Utara mundur dari perundingan enam pihak dan melakukan uji coba nuklirnya yang ke dua tahun lalu, yang berakibat sanksi PBB yang lebih ketat.

Sementara itu, hari Selasa Jepang mengatakan akan memperpanjang sanksi terhadap Korea Utara karena program nuklirnya, dan penculikan warga Jepang oleh Korea Utara pada tahun 1970-an.

Sanksi tersebut yang sedianya berakhir tanggal 13 April, melarang perdagangan dengan Korea Utara dan melarang kapal-kapal Korea Utara memasuki pelabuhan-pelabuhan Jepang.

XS
SM
MD
LG