Tautan-tautan Akses

Korsel Selidiki Penguburan Bahan Kimia di Bekas Pangkalan AS


Kota Bucheon di Korea selatan yang menjadi pangkalan militer AS selama perang Korea.

Kota Bucheon di Korea selatan yang menjadi pangkalan militer AS selama perang Korea.

Seorang bekas tentara AS baru-baru ini mengatakan, militer AS mengubur bahan kimia di pangkalan Bucheon antara tahun 1963-1964.

Korea Selatan telah melancarkan penyelidikan mengenai kabar penguburan bahan kimia di sebuah bekas pangkalan militer Amerika 50 tahun yang lalu.

Tim militer dan pakar sipil memulai survei hari Selasa di lokasi bekas pangkalan Amerika Camp Mercer, tidak jauh dari ibukota Korea Selatan.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengatakan para penyelidik mengumpul sampel air tanah dan tanah dari lokasi tersebut. Laporan itu mengatakan mereka juga akan menggunakan radar khusus, alat penyaring sinar ultra-violet dan optik dan peralatan lain untuk memeriksa daerah itu.

Penyelidikan didorong oleh tuduhan bahwa pasukan Amerika membuang banyak “Agent Orange” di tanah Korea.

Pada masa Perang Vietnam, pesawat terbang Amerika menyemprot bahan kimia pada pepohonan di beberapa daerah Vietnam, Kambodia dan Laos untuk melenyapkan daunnya dengan demikian gerilya komunis tidak dapat bersembunyi di hutan tersebut. Kemudian diketahui bahwa bahan kimia itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang gawat bagi manusia yang terkena bahan kimia itu.

Seorang bekas tentara Amerika baru-baru ini menuduh bahwa militer Amerika mengubur ratusan liter bahan kimia di pangkalan Amerika di Bucheon, sebelah barat Seoul, antara tahun 1963 dan 1964.

XS
SM
MD
LG