Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa Korsel Diperkirakan Pertahankan Mayoritas di Parlemen


Para petugas pemilu membawa kotak-kotak suara usai pemilu parlemen di Seoul, Korea Selatan Rabu (13/4).

Para petugas pemilu membawa kotak-kotak suara usai pemilu parlemen di Seoul, Korea Selatan Rabu (13/4).

Rakyat di Korea Selatan mendatangi TPS-TPS hari Rabu (13/4), untuk memilih perwakilan mereka di Majelis Nasional.

Partai Saenuri yang konservatif dan berkuasa – partai Presiden Korea Selatan Park Geun-hye – diperkirakan akan mempertahankan mayoritasnya di parlemen.

Jajak-jajak pendapat terbaru menunjukkan dukungan publik yang kuat terhadap kebijakan-kebijakan keras Park dalam menanggapi ancaman nuklir yang kian berkembang dari Korea Utara, termasuk memutuskan hubungan kerjasama antar Korea dengan menutup kompleks industri Kaesong menyusul ujicoba nuklir Pyongyang Januari lalu, memberlakukan sanksi yang lebih berat dan meningkatkan kesiagaan militer untuk menanggapi setiap provokasi.

Pada sebuah TPS di Seoul, banyak pemilih yang memberikan suara mereka untuk partai konservatif mengatakan, keamanan nasional adalah isu penting.

Saenuri menguasai setengah dari 292 kursi di Majelis Nasional. Dalam pemilu kali ini, badan legislatif itu akan diperluas hingga memiliki 300 kursi.

Partai oposisi utama, Partai Minjoo Korea, mengalami perpecahan. Pada pemilu kali ini, sebagian anggotanya membentuk partai terpisah, yakni Partai Rakyat. Perpecahan di antara kelompok-kelompok liberal ini bisa memberi kandidat partai konservatif peluang yang lebih besar untuk terpilih. [ab/as]

XS
SM
MD
LG