Tautan-tautan Akses

Korsel dan Korut Peringati 61 Tahun Gencatan Senjata


Peringatan perang Korea

Peringatan perang Korea

Kedua Korea memperingati 61 tahun penandatanganan kesepakatan gencatan senjata hari Minggu, dengan upacara yang tenang di kedua belah pihak di zona Demiliterisasi yang dijaga dengan senjata berat, yang memisahkan kedua negara yang telah puluhan tahun bermusuhan.

Di Korea Utara, di mana hari itu diperingati sebagai Hari Kemenangan Perang Kemerdekaan Tanah Air, para veteran, yang kini berusia 70-an dan 80-an dan mengenakan pakaian seragam militer yang dipenuhi medali, diberi penghormatan dalam upacara-upacara patriotik sederhana di berbagai penjuru negara itu. Tidak ada parade besar-besaran atau pun pidato-pidato dari para pemimpin.

PM Korea Selatan Chung Hong-won menyampaikan pidato dalam sebuah upacara bagi para veteran perang. Ia mengatakan, meskipun Korea Utara masih merupakan ancaman, tidak boleh ada perang lain di Semenanjung Korea.

Perang Korea berakhir tahun 1953 dengan gencatan senjata, yang berarti bahwa secara teknis kedua negara masih berperang. Hari Sabtu, Korea utara menembakkan kembali misil ke perairan di lepas pantai timurnya, uji misil balistik ketujuh tahun ini.

XS
SM
MD
LG