Tautan-tautan Akses

Korsel-AS Akan Sepakati Perluasan Jangkauan Misil Balistik


Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak (Foto: dok)

Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak mengatakan pemerintahannya sudah hampir mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat untuk memperluas jangkauan misil balistiknya untuk melawan ancaman dari Korea Utara.

Presiden Lee mengatakan kepada wartawan hari Kamis keyakinannya untuk pencapaian kesepakatan dalam waktu dekat untuk memperpanjang jangkauan 300 meter yang berlaku sekarang, yang ditetapkan dalam kesepakatan tahun 2001 dengan Amerika Serikat.

Lee mengatakan persetujuan didasarkan pada anggapan bahwa setiap pertempuran antara kedua Korea akan terjadi sekitar zona bebas militer yang memisahkan kedua negara.

Tetapi, ia mengatakan misil Korea Utara yang semakin maju sekarang mampu mencapai sejauh pulau Jeju, yang terletak jauh di lepas pantai selatan Korea Selatan. Menurut Presiden Lee, Washington dan Seoul sepakat mengenai perlunya lingkungan keamanan baru.

Komentarnya dikeluarkan pada saat kawasan itu sedang tegang atas rencana Korea Utara yang diumumkan baru-baru ini untuk meluncurkan satelit ke orbit pada pertengahan April – tindakan yang menurut banyak kalangan melanggar persetujuan untuk menghentikan kegiatan nuklir dan percobaan misil.

XS
SM
MD
LG