Tautan-tautan Akses

Korea Utara Usulkan Pembicaraan Tingkat Rendah Dengan Korea Selatan


Pintu gerbang ke arah kota kawasan industri Kaesong di Korea Utara tampak sepi. (Foto: Dok)

Pintu gerbang ke arah kota kawasan industri Kaesong di Korea Utara tampak sepi. (Foto: Dok)

Pemerintah Korea Utara mengusulkan pembicaraan antar pemerintah tingkat rendah dengan Korea Selatan sebagai awal perbaikan hubungan.

Korea Utara mengusulkan, Jumat (7/6), untuk mengadakan pembicaraan antar pemerintah tingkat rendah dengan Korea Selatan guna memperbaiki hubungan yang memburuk selama beberapa tahun terakhir ini karena pendirian keras kedua negara.

Pemerintah di Pyongyang, yang ingin mengadakan pertemuan pada Minggu di kota perbatasan Kaesong, juga mengatakan akan membuka kembali jalur komunikasi Palang Merah dengan Korea Selatan. Menyusul periode ketegangan selama sepekan dimana Korea Utara mengancam akan melangsungkan perang dan Korea Selatan bersumpah akan membalasnya, Korea Utara menutup jalur komunikasi yang digunakan untuk bertukar pesan mengenai isu-isu kemanusiaan.

Pernyataan Komisi Korea Utara untuk Reunifikasi Perdamaian Korea Jumat itu menyusul kesepakatan kedua negara sebelumnya untuk mengadakan pembicaraan mengenai sejumlah isu, termasuk pembukaan kembali kompleks industri bersama di Kaesong.

Korea Selatan telah mengusulkan penyelenggaraan pembicaraan tingkat menteri di Seoul Rabu, namun Pyongyang mengatakan pembicaraan tingkat rendah diperlukan terlebih dahulu karena hubungan bilateral antara kedua negara telah lama buntu dan rasa saling tidak percaya telah mencapai tingkat ekstrem.

Pernyataan dari Korea Utara itu tidak menyebutkan apakah mereka menerima usulan mengadakan pembicaraan tingkat menteri Rabu mendatang setelah pertemuan akhir pekan di Kaesong.
XS
SM
MD
LG