Tautan-tautan Akses

Korea Utara Usulkan Pembicaraan Nuklir dengan AS


Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara yang diketuai pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) mengusulkan pembicaraan nuklir dengan AS (foto: dok).

Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara yang diketuai pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) mengusulkan pembicaraan nuklir dengan AS (foto: dok).

Korea Utara hari Minggu (16/6) telah mengusulkan sebuah pembicaraan tingkat tinggi mengenai nuklir dan keamanan dengan Amerika Serikat.

Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara telah mengusulkan pembicaraan tingkat tinggi mengenai nuklir dan keamanan dengan Amerika Serikat, hanya beberapa hari setelah batalnya rencana pertemuan dengan Korea Selatan.

Komisi yang diketuai pemimpin Korea Utara Kim Jong Un itu mengemukakan dalam pernyataan hari Minggu bahwa Amerika dapat menetapkan tanggal dan tempat bagi pembicaraan tingkat senior untuk meredakan ketegangan dan membahas perjanjian yang secara resmi mengakhiri Perang Korea.

Di Washington, jurubicara Dewan Keamanan Nasional Caitlin Hayden mengatakan Amerika Serikat terbuka bagi perundingan yang kredibel dengan Korea Utara, tetapi Pyongyang harus mematuhi resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB dan menyetujui denuklirisasi.

Hayden mengatakan Amerika akan menilai Korea Utara berdasarkan tindakannya, bukan kata-katanya.

Pernyataan yang dimuat media pemerintah Korea Utara pada hari Minggu itu menyebutkan Pyongyang akan tetap menjadi negara nuklir hingga seluruh ancaman nuklir terhadap negara itu berakhir, dan mendesak Amerika agar membatalkan semua sanksi terhadap Korea Utara.
XS
SM
MD
LG