Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tunjuk Menteri Luar Negeri Baru


Ri Yong Ho, mantan perunding utama Korea Utara dalam pembicaraan perlucutan senjata nuklir, terpilih menjadi Menlu Korea Utara yang baru (Foto: dok).

Ri Yong Ho, mantan perunding utama Korea Utara dalam pembicaraan perlucutan senjata nuklir, terpilih menjadi Menlu Korea Utara yang baru (Foto: dok).

Korea Utara telah menunjuk seorang diplomat karir sebagai menteri luar negeri yang baru, menurut nota diplomatik yang dikirimkan ke pemerintah Inggris.

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho pernah menjabat sebagai perunding utama Korea Utara dalam pembicaraan perlucutan senjata nuklir pada masa lalu, termasuk putaran pembicaraan dengan Amerika Serikat pada 1990-an. Dia juga sebelumnya menjabat sebagai duta besar Pyongyang untuk Inggris.

Sebagaian analis mengatakan bahwa pengangkatan Ri Yong Ho mungkin merupakan upaya menghidupkan kembali diplomasi antara negara yang terisolasi itu dengan negara-negara lain di dunia, terutama setelah uji coba nuklir pada bulan Januari dan peluncuran roket jarak jauh sebulan kemudian memicu kemarahan internasional.

Ri mungkin juga diberi tugas untuk menangani kasus negaranya di PBB, yang telah memberlakukan sanksi tegas terhadap Korea Utara.

Nota diplomatik itu tidak menyebutkan apa yang akan dilakukan oleh pendahulunya Ri, Ri Su Yong, meskipun badan intelijen Korea Selarna mengatakan percaya dia dipromosikan ke posisi wakil ketua untuk hubungan luar negeri Partai Pekerja Korea Utara. [lt]

XS
SM
MD
LG