Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tembakkan Lagi 2 Rudal Jarak Dekat


Warga Seoul melihat berita yang menunjukkan penembakan rudal oleh Korea Utara. (Foto: Dok)

Warga Seoul melihat berita yang menunjukkan penembakan rudal oleh Korea Utara. (Foto: Dok)

Dalam beberapa minggu ini, Korea Utara telah memperluas percobaan misil balistik dengan tidak memperdulikan sanksi PBB.

Korea Utara telah menembakkan dua rudal balistik jarak dekat ke samudera di lepas pantai timurnya – percobaan keempat dalam waktu kurang dari dua pekan.

Para pejabat pertahanan Korea Selatan mengatakan yang dicurigai rudal Scud dan ditembakkan Rabu (9/7) dari provinsi Hwanghae, bagian barat negara itu mempunyai jangkauan kira-kira 500 kilometer.

Dalam beberapa minggu ini, Korea Utara telah memperluas percobaan misil balistik dengan tidak memperdulikan sanksi PBB, sementara mendesak Korea Selatan menerima persetujuan untuk mengurangi ketegangan.

Seoul telah menolak tawaran itu, dengan mengatakan Pyongyang harus lebih dahulu mengambil langkah untuk menunjukkan Pyongyang bertekad untuk membongkar program nuklir dan misilnya.

Sementara itu, media pemerintah Korea Utara telah mengumumkan meninggalnya salah seorang dari arsitek utama program misil dan nuklir Korea Utara.

Kantor berita resmi Korea Utara mengatakan Jenderal pensiunan Jon Pyong Ho meninggal dunia Rabu pada usia 88 tahun.

Jon, yang pensiun dari jabatan pemerintahan pada 2011, memainkan peran utama dalam dua percobaan nuklir yang pertama 2006 dan 2009.

XS
SM
MD
LG