Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tembakkan Dua Rudal Jarak Dekat ke Laut Timur


Seorang pria menonton berita penembakan rudal oleh Korea Utara, di sebuah stasiun kereta api di Seoul. (Foto: Dok)

Seorang pria menonton berita penembakan rudal oleh Korea Utara, di sebuah stasiun kereta api di Seoul. (Foto: Dok)

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Kim Min-seok mengatakan insiden itu dianggap “provokasi yang disengaja dan dipandang sebagai protes bersenjata”.

Pihak berwenang mengatakan Korea Utara telah menembakkan dua rudal jarak dekat ke Laut Timur, yang tampaknya merupakan protes atas latihan militer bersama Amerika dan Korea Selatan yang diluncurkan Senin (2/3).

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip para pejabat mengatakan rudal-rudal itu jatuh ke Laut Timur, 490 kilometer dari kota pelabuhan Korea Utara, Nampo.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Kim Min-seok mengatakan insiden itu dianggap “provokasi yang disengaja dan dipandang sebagai protes bersenjata” ketika Utara menembakkan rudal tanpa memberlakukan zona larangan dilintasi kapal.

Kim mengatakan kepada para wartawan “Militer kami dan pasukan Amerika telah meningkatkan kegiatan pengintaian dan kami memelihara sikap yang tanggap dengan cepat. Kalau Korea Utara mengambil tindakan yang provokatif, militer kami akan bereaksi dengan tegas dan dengan kuat supaya Korea Utara sangat menyesalkannya."

Korea Utara telah lama menuntut agar Washington dan Seoul menghentikan latihan militer tahunan, yang disebut Pyongyang “latihan persiapan untuk penyerbuan ke utara.”

XS
SM
MD
LG