Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tahan Seorang Pendeta Kanada


Pendeta Kanada, Hyeon Soo Lim (kiri) saat melakukan misi kemanusiaan di Korea Utara (foto: dok).

Pendeta Kanada, Hyeon Soo Lim (kiri) saat melakukan misi kemanusiaan di Korea Utara (foto: dok).

Korea Utara menahan pendeta Hyeon Soo Lim (60 tahun), warga Kanada keturunan Korea, yang melakukan perjalanan ke Korea Utara 31 Januari lalu untuk misi kemanusiaan.

Keluarga pendeta etnis Korea dari Toronto, Kanada, mengatakan pendeta itu telah ditahan oleh pihak berwenang Korea Utara di Pyongyang ketika melakukan misi kemanusiaan.

Rekan dekat Pendeta Hyeon Soo Lim, usia 60 tahun, mengatakan kepada VOA bahwa pendeta itu melakukan perjalanan ke ibukota Korea Utara tanggal 31 Januari dan tidak terdengar kabarnya sejak itu. Beberapa hari kemudian, Lim gagal meninggalkan negara itu sesuai rencana, mendorong pihak keluarga untuk meminta bantuan pemerintah Kanada.

Rekan Lim awalnya menganggap pendeta itu dikarantina oleh pejabat kesehatan Korea Utara dalam upaya mencegah virus Ebola masuk ke negara itu.

Kementerian Luar Negeri Kanada, hari Kamis mengkonfirmasi tentang penahanan seorang warga negara Kanada di Korea Utara , tanpa menjelaskan lebih lanjut identitas tahanan tersebut. Pemerintah Korea Utara belum mengkonfirmasi penahanan tersebut.

XS
SM
MD
LG