Tautan-tautan Akses

Korea Utara Persiapkan Pemakaman Kim


Korea Utara yang berduka sedang bersiap untuk prosesi pemakaman Kim Jong Il dan menutup negara itu untuk orang asing (Foto: dok).

Korea Utara yang berduka sedang bersiap untuk prosesi pemakaman Kim Jong Il dan menutup negara itu untuk orang asing (Foto: dok).

Korea Utara hari Rabu mempersiapkan upacara pemakaman bagi mendiang pemimpin Kim Jong Il dan melarang orang asing masuk ke negara itu.

Korea Utara sedang mempersiapkan upacara pemakaman mendiang pemimpin mereka Kim Jong Il hari Rabu sementara dunia mencari tanda-tanda penguasa baru di negara tertutup yang bersenjata nuklir itu.

Media pemerintah Korea Utara sejauh ini tidak merinci rencana acara itu dan warga asing dilarang hadir. Tapi para analis memperkirakan upacara itu serupa dengan upacara pemakaman ayah Kim dan pendiri Korea Utara Kim Il Sung, yang menekankan kekuasaannya dan memperkokoh kesetiaan pada dinasti penggantinya.

Media resmi Korea Utara terus melaporkan berbagai kepemimpinan Kim Jong Un dan hari Senin dan mengumumkan bahwa Kim telah ditunjuk menempati posisi tertinggi pada Partai Komunis itu.

Pemerintah-pemerintah asing menyaksikan peristiwa-peristiwa di Pyongyang dengan cermat karena kekhawatiran atas popularitas Kim muda di negara yang memiliki program senjata nuklir, angkatan bersenjata yang besar dan sikap permusuhan terhadap negara tetangganya.

XS
SM
MD
LG