Tautan-tautan Akses

Korea Utara Mungkin Persiapkan Peluncuran Misil


Korea Utara memamerkan misilnya dalam parade militer di Pyongyang (foto: dok). Pejabat Korsel menduga Korut akan melakukan ujicoba misil.
Korea Utara memamerkan misilnya dalam parade militer di Pyongyang (foto: dok). Pejabat Korsel menduga Korut akan melakukan ujicoba misil.

Seorang pejabat Korsel mengatakan, Korut mungkin sedang mempersiapkan ujicoba misil setelah memperingatkan para diplomat asing untuk meninggalkan Pyongyang.

Seorang pejabat tinggi keamanan nasional Korea Selatan hari Minggu mengatakan Korea Utara mungkin sedang mempersiapkan ujicoba misil atau aksi provokatif lainnya pekan ini dengan memperingatkan bahwa negara itu dalam waktu dekat tidak akan dapat menjamin keselamatan para diplomat di Pyongyang.

Kim Jang-Soo, kepala penasihat keamanan nasional President Park Geun-Hye, mengatakan, ujicoba peluncuran atau provokasi lainnya mungkin berlangsung sebelum atau sesudah Rabu, hari bagi para diplomat untuk meninggalkan ibukota, Pyongyang, seperti yang dianjurkan Korea Utara.

Ia mengatakan tujuan Korea Utara yang sesungguhnya adalah memaksa untuk mendapat konsesi diplomatik dari Washington dan Seoul, tetapi ia menambahkan bahwa Korea Selatan mempertahankan kesiapan militernya, meskipun ancaman Pyongyang itu retorika belaka.

Juga Minggu, seorang pejabat tinggi militer Korea Selatan menangguhkan pertemuan di Washington dengan ketua gabungan kepala staf Amerika karena meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

Jenderal Amerika Martin Dempsey dijadwalkan bertemu pada 16 April dengan sejawatnya dari Korea Selatan, Jenderal Jung Seoung-jo. Tetapi seorang jurubicara Gabungan Kepala Staf Korea Selatan menyatakan Seoul khawatir Pyongyang mungkin melancarkan provokasi militer sewaktu Jenderal Jung di luar negeri.

Recommended

XS
SM
MD
LG