Tautan-tautan Akses

Korea Utara Laporkan Telah Angkat Menlu Baru

  • Associated Press

Menteri Luar Negeri Korea Utara yang baru, Ri Yong Ho.

Menteri Luar Negeri Korea Utara yang baru, Ri Yong Ho.

Ri Yong Ho telah menjadi negosiator utama Korea Utara dalam pembicaraan-pembicaraan pelucutan nuklir dan berpartisipasi dalam putaran-putaran pembicaraan dengan Amerika Serikat tahun 1990an.

Korea Utara telah mengangkat seorang diplomat karir dengan pengalaman luas dalam negosiasi dengan rival-rival Korea Selatan dan Amerika Serikat sebagai menteri luar negeri baru.

Kedutaan Besar Korea Utara di London menginformasikan pemerintah Inggris dalam sebuah pernyataan hari Senin (16/5) bahwa mantan Wakil Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho telah ditunjuk sebagai menteri luar negeri baru negara itu.

Ri telah menjadi negosiator utama Korea Utara dalam pembicaraan-pembicaraan pelucutan nuklir dan berpartisipasi dalam putaran-putaran pembicaraan dengan Amerika Serikat tahun 1990an. Ia juga pernah menjadi duta besar Korea Utara di London.

Para analis di Seoul mengatakan penunjukan Ri dilihat sebagai kemungkinan langkah untuk membangkitkan diplomasi dan meningkatkan hubungan dengan dunia luar setelah ketegangan baru terkait uji coba nuklir ke empat Pyongyang Januari lalu. [hd]

XS
SM
MD
LG