Tautan-tautan Akses

Korea Utara, Korea Selatan Lanjutkan Pembicaraan di Incheon


Direktur Biro Politik Korea Utara Hwang Pyong-So (dua dari kiri), bersama delagasi negaranya dan Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryong-Hae (kanan), usai menghadiri pertemuan di Incheon (4/10).

Direktur Biro Politik Korea Utara Hwang Pyong-So (dua dari kiri), bersama delagasi negaranya dan Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryong-Hae (kanan), usai menghadiri pertemuan di Incheon (4/10).

Pertemuan delegasi Korea Utara dan Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae berlangsung Sabtu (4/10) di Incheon.

Para pejabat Korea Utara dan Korea Selatan telah sepakat untuk memulai kembali pembicaraan tingkat tinggi yang telah macet selama beberapa bulan.Pembicaraan dijadwalkan akan berlangsung antara akhir Oktober dan awal November.

Tiga pejabat senior Korea Utara telah bertemu dengan Para pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, yang merupakan pembicaraan tingkat tertinggi dalam beberapa tahun ini. Pertemuan dengan pihak Korea Utara dan Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae berlangsung Sabtu (4/10) di Incheon.

Delegasi Korea Utara dipimpin oleh Hwang Pyong So, pejabat nomor dua Korea Utara di bawah pemimpin Kim Jong Un. Hwang adalah perwira politik tertinggi Angkatan Darat Korea Utara yang beranggotakan 1,2 juta orang.

Dua pejabat tinggi Korea Utara lainnya adalah sekretaris Partai Buruh yang berkuasa, Choe Ryong dan Kim Yang Gon. Kunjungan yang jarang dan mendadak itu dilakukan sebagai dalih untuk menghadiri upacara penutupan Asian Games, Sabtu (4/10) ini.

Kunjungan itu membuat banyak pihak di kawasan itu bertanya-tanya apakah pertemuan tersebut dapat merupakan terobosan dalam ketegangan puluhan tahun antara Korea Utara dan Korea Selatan, yang secara teknis masih dalam keadaan perang karena konflik mereka antara tahun-tahun 1950 dan 1953 berakhir dalam gencatan senjata dan tanpa perjanjian perdamaian.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG