Tautan-tautan Akses

Korea Utara Kecam Latihan Perang AS-Korea Selatan


Tentara Korea Selatan dalam latihan militer bersama AS-Korea Selatan di sebuah stasiun kereta api di Seoul, 20 Agustus 2013.

Tentara Korea Selatan dalam latihan militer bersama AS-Korea Selatan di sebuah stasiun kereta api di Seoul, 20 Agustus 2013.

Korea Utara mengecam latihan militer gabungan Korea Selatan-AS dengan kata-kata yang lebih lunak dari biasanya, yang dianggap sebagai petunjuk bahwa Pyongyang akan terus menggunakan diplomasi.

Korea Utara biasanya menggunakan retorika perang dalam mengecam latihan gabungan Korea Selatan-Amerika Serikat, yang disebutnya sebagai persiapan untuk melakukan invasi ke Korea Utara.

Namun Pyongyang tidak menggunakan pernyataan-pernyataan keras dalam mengecam latihan militer gabungan tahunan yang disebut Garda Kebebasan Ulchi yang dimulai hari Senin.

Komisi Reunifikasi Damai Korea Utara menyebut latihan itu sebagai ‘manuver besar anti-Korea Utara,’ dan memperingatkan bahwa Korea Selatan dapat menghadapi konsekuensi yang tidak dijelaskan.

Pernyataan Pyongyang hari Selasa itu tidak sekeras yang sudah-sudah, seperti ancaman akan melancarkan perang nuklir dalam menanggapi latihan gabungan Korea Selatan-Amerika Serikat musim semi yang lalu.
XS
SM
MD
LG