Tautan-tautan Akses

Korea Utara dan Korea Selatan Sepakat Adakan Pembicaraan


Menteri Unifikasi Korea Jeong Jun-hui (Foto: dok).

Menteri Unifikasi Korea Jeong Jun-hui (Foto: dok).

Korea Utara dan Korea Selatan telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan pekan depan sebagai bagian dari upaya memulai kembali dialog tingkat tinggi antar kedua pemerintahan.

Di Korea Utara, Komite untuk Reunifikasi Damai Semenanjung Korea, yang menangani hubungan Utara-Selatan, hari Kamis (19/11) mengusulkan pembicaraan itu.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan hari Jumat (20/11) mengakui telah menerima tawaran itu, dan menyatakan pembicaraan akan berlangsung pada tanggal 26 November di desa perbatasan Panmunjom.

Pembicaraan tingkat kerja kini diadakan untuk mempersiapkan negosiasi tingkat pemerintah yang disetujui pada bulan Agustus lalu dalam kesepakatan penting untuk meningkatkan hubungan.

Kesepakatan itu mengakhiri kebuntuan terkait insiden ranjau darat yang melukai dua tentara Korea Selatan di dekat perbatasan yang dijaga ketat yang memisahkan kedua negara.

Sebagai bagian dari kesepakatan it, Korea Selatan dan Korea Utara setuju untuk mengadakan pembicaraan tingkat tinggi. Kedua negara juga sepakat untuk melanjutkan reuni keluarga-keluarga yang terpisah akibat konflik tahun 1950-an.

Sejak itu, Korea Selatan telah mengusulkan beberapa kali untuk mengadakan pembicaraan, tapi Korea Utara menolak tawaran-tawaran itu. Demikian menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG