Tautan-tautan Akses

Korea Utara Buka Kembali Kawasan Industri Kaesong


Kawasan Industri Kaesong di Korea Utara (Foto: dok).

Kawasan Industri Kaesong di Korea Utara (Foto: dok).

Korea Utara mengatakan pihaknya membuka kembali kawasan industri bersama Korea 'Kaesong' dan mengusulkan pembicaraan baru dengan Seoul terkait sarana tersebut pekan depan.

Kedua Korea sudah mengadakan beberapa babak pembicaraan yang tidak berhasil dalam beberapa minggu ini terkait zona industri Kaesong, yang terletak tidak jauh di utara zona bebas militer.

Korea Selatan menginginkan jaminan bahwa Korea Utara tidak akan menutup kompleks itu di masa depan karena ketegangan militer atau politik. Korea Utara telah mengusahakan dimulainya kembali operasi tanpa prasyarat.

Belum jelas apakah tawaran yang diterbitkan oleh kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, hari Rabu itu, akan membantu memperkecil perbedaan pandangan antara kedua pihak.

Kompleks itu ditutup bulan April, ketika Korea Utara menarik 53 ribu pekerjanya sebagai bagian dari kemarahan terhadap sanksi-sanksi internasional disebabkan percobaan nuklir Korea Utara bulan Februari. Perusahaan-perusahaan Korea Selatan menarik manajer dan pekerja mereka pada awal Mei.
XS
SM
MD
LG