Tautan-tautan Akses

Korea Utara Bantah Luncurkan Pesawat Tak Berawak


Warga di Seoul menonton laporan televisi mengenai pesawat tak berawak yang diduga milik Korea Utara (2/4).

Warga di Seoul menonton laporan televisi mengenai pesawat tak berawak yang diduga milik Korea Utara (2/4).

Korea mengatakan tuduhan itu adalah bagian dari “lelucon persekongkolan jahat” yang bertujuan membuat Utara kelihatan seperti melakukan tindakan bermusuhan.

Korea Utara membantah tuduhan Korea Selatan bahwa Korea Utara menerbangkan pesawat tak berawak kecil yang tidak bersenjata ke wilayah udara Korea Selatan baru-baru ini.

Tiga dari pesawat itu jatuh dan setelah dianalisa oleh Selatan, disimpulkan bahwa pesawat tersebut datang dari Korea Utara.

Rodong Sinmun, surat kabar resmi partai yang berkuasa di Korea Utara, pada Jumat (25/4) menyatakan klaim bahwa pesawat tak berawak itu datang dari Utara adalah bagian dari “lelucon persekongkolan jahat” yang bertujuan membuat Utara kelihatan seperti melakukan tindakan bermusuhan. Surat kabar itu menambahkan bahwa Seoul sedang berusaha untuk memprovokasi perang.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan mereka mencurigai tiga pesawat tak berawak yang jatuh baru-baru ini dekat perbatasan dengan Utara diterbangkan untuk kemungkinan misi pengintaian. Kedua Korea telah terpisah sejak Perang Korea pada 1950 sampai tahun 1953.
XS
SM
MD
LG