Tautan-tautan Akses

Korea Utara Bangun Terowongan Baru di Lokasi Uji Coba Nuklir


Pembangkit nuklir Korea Utara di Yongbyon. (Foto: dok)

Pembangkit nuklir Korea Utara di Yongbyon. (Foto: dok)

Institut Amerika-Korea menyatakan terowongan-terowongan itu bisa saja digunakan untuk meledakkan nuklir atau untuk ventilasi.

Lembaga penelitian di Amerika mengatakan pekerjaan konstruksi baru-baru ini di lokasi pembangkit nuklir Korea Utara menunjukkan negara itu kemungkinan sedang bersiap melakukan ujicoba nuklir bawah tanah keempat.

Institut Amerika-Korea di Johns Hopkins University menyatakan gambar-gambar baru satelit menunjukkan adanya dua pintu masuk baru ke terowongan dan pekerjaan konstruksi lain di lokasi ujicoba nuklir Korea Utara, Punggye-ri.

Laporan Rabu (23/10) pada blog institut tersebut, 38 North, menyebutkan tidak ada tanda-tanda uji coba nuklir sudah dekat. Dikatakan, terowongan-terowongan itu bisa saja digunakan untuk meledakkan nuklir atau mungkin untuk ventilasi.

Tetapi institut itu memperingatkan kegiatan pembangunan yang berkelanjutan "menunjukkan Korea Utara sedang bersiap melakukan ledakan lagi di masa depan sebagai bagian dari program pembuatan senjata nuklirnya."

Korea Utara melakukan uji coba nuklir bawah tanah 2006, 2009, dan Februari tahun ini, melanggar sanksi PBB.

Korea Utara bertekad memperluas program senjata nuklir dan rudal balistiknya guna menanggapi apa yang dilihatnya sebagai permusuhan dari Amerika dan Korea Selatan.
XS
SM
MD
LG