Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Tarik Pekerjanya dari Kompleks Industri Kaesong


Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae memberikan keterangan pers di kompleks pemerintahan di Seoul, Korea Selatan (26/4).

Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae memberikan keterangan pers di kompleks pemerintahan di Seoul, Korea Selatan (26/4).

Pemerintah Korea Selatan telah mengambil keputusan untuk memulangkan sekitar 180 pekerja Korea Selatan dari kawasan industri Kaesong, Jumat (26/4).

Pejabat tinggi Korea Selatan yang ditugaskan menangani hubungan Korea Selatan-Korea Utara mengatakan tiba saatnya bagi para pekerja Korea Selatan yang masih berada di kawasan industri Kaesong yang tutup untuk pulang.

Menteri Unifikasi Ryoo Kihl-jae mengatakan pemerintah telah mengambil keputusan yang sulit dihindari untuk memulangkan sekitar 180 pekerja Korea Selatan, Jumat (26/4).

Keputusan itu muncul beberapa jam setelah Korea Utara menolak usul Korea Selatan untuk mengadakan perundingan resmi untuk memulai kembali operasi di kompleks Kaesong.

Seoul, memberi Pyongyang waktu 24 jam untuk menyetujui perundingan itu, dan memperingatkan bahwa Seoul akan memberi tanggapan keras sekiranya Pyongyang tidak menyetujui tawaran tersebut, Kamis (25/4).

Beberapa jam setelah batas waktu berlalu hari Jumat (26/4), Pyongyang menolak tawaran itu dan memperingatkan bahwa Korea Utara akan terlebih dahulu mengambil tindakan keras sekiranya Korea Selatan terus memperburuk keadaan di kota perbatasan itu.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mengadakan rapat menteri yang terkait dengan keamanan mengenai nasib kompleks Kaesong itu, Jumat (26/4).
XS
SM
MD
LG