Tautan-tautan Akses

Korea Selatan: Pesawat Tak Berawak yang Jatuh Milik Korea Utara


Bangkai pesawat tanpa awak yang jatuh dan ditemukan di pulau Baengnyeong dekat perairan yang disengketakan di Laut Kuning (31/3).

Bangkai pesawat tanpa awak yang jatuh dan ditemukan di pulau Baengnyeong dekat perairan yang disengketakan di Laut Kuning (31/3).

Media Korea Selatan melaporkan pesawat itu melakukan pengintaian selama adu tembak artileri berlangsung.

Korea Selatan mengatakan sebuah pesawat tak berawak yang jatuh pekan ini di pulau-pulau perbatasan garis depannya adalah milik Korea Utara.

Pesawat kecil tak berawak itu ditemukan di pulau Baengnyeong Selasa (1/4), beberapa jam setelah kedua pihak saling menembakkan artileri ke laut tersebut.

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Park Soo-jin mengatakan Rabu penyelidikan telah menentukan pesawat itu adalah milik Pyongyang.

Park tidak mau menanggapi maksud Korea Utara menerbangkan pesawat itu, walaupun laporan media Korea Selatan telah mengatakan Korea Utara sedang melakukan pengintaian pada waktu tembak-menembak artileri itu.

Pada Senin, Korea Utara menembakkan 100 peluru artileri ke laut di sisi Korea Selatan perbatasan maritim, yang mendorong Seoul membalas tembakan itu ke perairan utara. Tidak ada cedera dalam tembak-menembak itu.

Ketegangan antara kedua Korea telah meningkat dalam beberapa minggu ini karena latihan militer bersama Amerika-Korea Selatan dan beberapa peluncuran roket dan misil balistik oleh Pyongyang.
XS
SM
MD
LG