Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Mulai Pembicaraan Militer Dengan Korea Utara


Kim Jong-il berpose dalam foto yang dirilis Korea Utara hari ini, bersama para staf seniornya di ibukota, Pyongyang.

Kim Jong-il berpose dalam foto yang dirilis Korea Utara hari ini, bersama para staf seniornya di ibukota, Pyongyang.

Para perwira dari kedua pihak mengadakan pertemuan di desa gencatan senjata, Panmunjom, dalam zona bebas militer.

Korea Selatan telah memulai pembicaraan militer yang pertama dalam hampir dua tahun dengan Korea Utara. Demikian menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Korea Selatan hari ini.

Kementerian Pertahanan Korsel menyebut para perwira dari kedua pihak mengadakan pertemuan di desa gencatan senjata, Panmunjom, dalam zona bebas militer (DMZ) yang memisahkan Utara yang komunis dan Selatan yang demokratis.

Utara mengusulkan penyelenggaraan pembicaraan sebelumnya bulan ini. Rezim tersebut ingin membicarakan perbatasan laut yang disengketakan di lepas Pantai Barat Semenanjung Korea dan selebaran anti-Korea Utara yang dikirim ke seberang perbatasan oleh para aktivis Korea Selatan.

Ketegangan antara Korea Utara dan Selatan telah meningkat setelah tenggelamnya kapal perang Korea Selatan yang menewaskan 46 orang tentara laut Korea Selatan pada bulan Maret. Selatan menuduh Utara mendalangi insiden itu, dan Utara membantah tuduhan tersebut.

Korea Utara telah melakukan beberapa usaha pendekatan kepada Korea Selatan dalam beberapa minggu ini, sebagai usaha untuk meredakan ketegangan.

XS
SM
MD
LG