Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Larang Impor Ikan dari Sekitar Fukushima


Suasana di sekitar PLTN Daiichi Fukushima diambil dari udara, 31 Agustus 2013 (Foto: dok).

Suasana di sekitar PLTN Daiichi Fukushima diambil dari udara, 31 Agustus 2013 (Foto: dok).

Korea Selatan melarang impor produk ikan dari lebih banyak daerah di sekitar pembangkit nuklir Fukushima, Jepang, yang terkontaminasi air radioaktif.

Juru bicara pemerintah Seoul Shin Joong-don mengatakan hari Jumat (6/9) pemerintahnya akan melarang impor ikan dari delapan kabupaten, termasuk Fukushima. Ia mengatakan Korea Selatan juga akan memperluas pengetesannya atas ikan Jepang dari daerah-daerah lain.

Perusahaan yang menjalankan pembangkit tenaga nuklir Fukushima baru-baru ini mengakui bahwa ratusan ton air terkontaminasi radio aktif telah bocor ke laut di sekitarnya. Air tersebut digunakan untuk mendinginkan reaktor-reaktor, yang rusak oleh gempa-bumi dan tsunami tahun 2011.

Korea Selatan, yang sebelumnya sudah melarang sebagian ikan dari Jepang, mengatakan langkah terbaru itu akan berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menteri Sekertaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga mengatakan mereka berharap Seoul mengambil keputusan berdasarkan “data ilmiah.” Ia mengatakan keamanan air dan pangan Jepang dijaga sempurna.
XS
SM
MD
LG