Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Gagalkan Rencana Pembunuhan atas Pembelot Korea Utara


Pembelot Korea Utara dan aktivis anti-Pyongyang, Park Sang-hak (foto: dok).

Pembelot Korea Utara dan aktivis anti-Pyongyang, Park Sang-hak (foto: dok).

Seorang pembelot Korut lainnya ditangkap setelah dicurigai berencana hendak membunuh rekannya, seorang pembelot dan aktivis anti Pyongyang terkemuka.

Agen-agen intelijen Korea Selatan berhasil menangkap seorang pembelot Korea Utara setelah dicurigai dia berencana hendak membunuh seorang rekan pembelot dan aktivis anti Pyongyang terkemuka.

Juru bicara Dinas Intelijen Korea Selatan mengatakan pembelot itu, yang dikenal dengan nama hanya Anh, ditangkap sebelumnya bulan ini di sebuah stasiun kereta api bawah tanah di Seoul di mana dia akan bertemu dengan Park Sang-hak, yang memimpin sebuah kelompok yang secara teratur mengirim balon-balon melintasi perbatasan yang mengangkut pesan-pesan yang mengecam rejim Korea Utara.

Park mengatakan kepada wartawan hari Jumat bahwa Anh menghubunginya dan menawarkan diri untuk mengatur pertemuan dengan seorang pria Jepang yang bersedia untuk mendukung kampanye selebarannya. Tetapi Park mengatakan dia diperingatkan oleh badan intelijen Korea Selatan mengenai kemungkinan serangan itu.

Kantor berita Yonhap mengatakan Anh adalah mantan anggota satuan khusus militer Korea Utara yang membelot dalam tahun 1990an, tetapi menghilang selama beberapa tahun. Yonhap mengatakan Ahn didapati sedang membawa jarum-jarum beracun ketika dia ditangkap.

XS
SM
MD
LG