Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Ampuni Politisi dan Pebisnis


Pemerintahan Lee-Myung-Bak memberikan pengampunan bagi sejumlah politisi dan pebisnis.

Pemerintahan Lee-Myung-Bak memberikan pengampunan bagi sejumlah politisi dan pebisnis.

Korea Selatan mengumumkan pengampunan bagi 2.500 orang dalam memperingati Hari Kemerdekaan negara itu.

Korea Selatan mengumumkan pengampunan bagi kurang lebih 2.500 orang termasuk politisi dan eksekutif perusahaan, dalam memperingati Hari Kemerdekaan negara itu.

Departemen Kehakiman Korea Selatan hari Jumat mengumumkan daftar nama semua yang beruntung dari tradisi pengampunan itu ada yang melalui pengurangan masa hukuman, pengampunan seluruhnya atau pemulihan hak sipil. Peringatan Hari Kemerdekaan Korea Selatan yang jatuh pada hari Minggu itu akan memperingati berakhirnya penjajahan Jepang di Korea tahun 1945.

Kakak mantan presiden Roh Moo-hyun, Roh Gun-Pyeong diberi pengampunan penuh. Ia tadinya dihukum penjara dua tahun karena menyalahgunakan pengaruh adiknya yang saat itu menjabat presiden. Mantan presiden Roh Moo-hyun tidak terlibat dalam kasus itu, tetapi ia bunuh diri tahun lalu sewaktu penyidikan korupsi yang terpisah.

Sebagian besar orang yang mendapat pengampunan dipenjarakan karena melanggar undang-undang pemilu.

Dua eksekutif Samsung, Lee Hak –soo dan Kim In Joo dan ketua grup Dongbu, Kim Jun-ki termasuk dalam kelompok besar eksekutif korporat dalam daftar amnesti itu. Tercantumnya mereka dalam daftar itu mengundang kecaman dari berbagai organisasi bisnis yang mengatakan langkah itu merupakan pukulan bagi reformasi ekonomi di Korea Selatan.

XS
SM
MD
LG