Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Akhiri Latihan Artileri, Gelar Jet Penyerang


Latihan militer Korea Selatan (dokumentasi).

Latihan militer Korea Selatan (dokumentasi).

Korea Selatan mengatakan mereka menerbangkan pesawat-pesawat jet penyerang untuk mencegah agresi Korea Utara.

Korea Selatan mengatakan mereka menerbangkan pesawat-pesawat jet penyerang untuk mencegah agresi Korea Utara seraya melangsungkan latihan artileri dengan peluru sungguhan di pulau Yeonpyeong – pulau yang sama yang diserang meriam Korea Utara dalam latihan serupa bulan lalu.

Latihan selama 94 menit itu selesai Senin petang tanpa tanggapan segera dari Korea Utara, yang sebelumnya memperingatkan adanya dampak “besar seperti bencana” jika Korea Selatan melanjutkan latihan. Korea Selatan mengevakuasi penduduk di pulau itu ke tempat-tempat penampungan sebelum latiah sebagai tindakan persiapan.

Seorang wartawan dalam rombongan pejabat Amerika Bill Richardson melaporkan Pyongyang menawarkan sejumlah konsesi untuk meredakan ketegangan mengenai program nuklirnya. Wartawan CNN Wolf Blitzer melaporkan Korea Utara memberitahu Richardson dalam lawatan empat harinya bahwa mereka siap menerima tim penyelidik PBB kembali ke fasilitas nuklirnya di Yongbyon.

Blitzer mengatakan Korea Utara juga menawarkan batang bahan bakar nuklir di Yongbyon dipindahkan keluar Korea Utara serta membentuk sebuah komisi militer dan saluran yang menghubungkan kedua Korea dengan Amerika.

XS
SM
MD
LG