Tautan-tautan Akses

Korea Selatan akan Bangun 80 Karang Buatan Dekat Perbatasannya


Korea Selatan lanjutkan razia kapal penangkapan ikan ilegal di perairan netral.

Korea Selatan lanjutkan razia kapal penangkapan ikan ilegal di perairan netral.

Korea Selatan berencana membangun 80 pulau karang buatan dekat perbatasan maritime de facto dengan Korea Utara dalam usaha untuk menghambat penangkapan ikan illegal oleh kapal-kapal China.

Kantor berita Yonhap mengatakan karang buatan manusia itu akan dibangun di Laut Kuning dekat Garis Batas Utara yang disengketakan dengan biaya $ 7 juta.

Karang baru itu akan dibangun di tengah-tengah keadaan yang semakin mendesak untuk melawan kapal-kapal nelayan China yang kata Seoul dengan illegal memasuki daerah perikanan Korea. Yonhap mengatakan kapal-kapal tersebut tampaknya memanfaatkan keengganan Pengawal Pantai Korea Selatan untuk dengan giat menindak kapal-kapal China dekat Garis Batas Utara atau NLL tadi, yang mungkin akan memicu bentrokan yang tidak disengaja dengan Korea Utara. Pyongyang tidak dengan resmi mengakui perbatasan maritime itu.

Bulan lalu, nelayan setempat menyeret dua kapal nelayan China yang menangkap kepiting tidak jauh ke selatan NLL dan menyerahkan mereka kepada pihak berwenang Korea Selatan. [gp]

XS
SM
MD
LG