Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Ajukan Kenaikan Anggaran Pertahanan


Angkatan Laut Korea Selatan saat melakukan latihan bersama dengan AL Amerika.

Angkatan Laut Korea Selatan saat melakukan latihan bersama dengan AL Amerika.

Pihak militer mengatakan kenaikan anggaran itu diperlukan untuk memperkuat “kemampuan militer” pasca tenggelamnya kapal Cheonan bulan Maret lalu.

Korea Selatan mengajukan kenaikan besar untuk anggaran militer tahun depan yang menurutnya diperlukan karena tenggelamnya kapal perang Korea Selatan oleh Korea Utara.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan hari Selasa mengatakan pihaknya mengharapkan kenaikan anggaran militer sebesar enam persen menjadi 27,1 milyar dolar, sekitar 10 persen dari anggaran negara keseluruhan.

Pihak militer mengatakan kenaikan anggaran itu diperlukan untuk memperkuat “kemampuan militer” pasca tenggelamnya kapal Cheonan bulan Maret lalu, yang menewaskan 46 awak kapal Korea Selatan. Tim penyelidik pimpinan Korea Selatan menyimpulkan bahwa torpedo Korea Utara menenggelamkan kapal patroli seberat 1.200 ton itu. Korea Utara membantah tuduhan tersebut.

Sejumlah pengamat militer mengatakan insiden itu menunjukkan kelemahan pasukan Korea Selatan. Kementrian Pertahanan mengatakan anggaran baru itu sebagian akan digunakan untuk membeli pesawat jet tempur, misil, kapal perusak jenis Aegis, kapal selam dan torpedo.


XS
SM
MD
LG