Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Wabah Meningitis di AS Jadi 15 Orang


Petugas laboratorium di Minnesota menunjukkan botol obat steroid yang tercemar wabah meningitis (foto: dok).

Petugas laboratorium di Minnesota menunjukkan botol obat steroid yang tercemar wabah meningitis (foto: dok).

Menurut pejabat kesehatan AS, kasus jamur meningitis kini dilaporkan di 13 negara bagian, dengan mayoritas kasus di Tennessee, Michigan dan Virginia.

Pejabat-pejabat kesehatan federal Amerika mengatakan jumlah yang meninggal akibat jenis meningitis yang jarang, yang diyakini terkait botol obat steroid tercemar, meningkat menjadi 15 orang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika mengumumkan jumlah baru korban yang meninggal itu hari Sabtu dan mengatakan jumlah yang tertular jamur meningitis meningkat menjadi 198 orang.

Pihak berwenang yakin wabah meningitis itu terkait apotek peracikan di negarabagian Massachusetts. Hari Kamis, pejabat- pejabat mengatakan lebih dari 50 botol steroid, yang diproduksi perusahaan New England Compounding, setelah diperiksa terbukti positif terkait jamur tersebut.

Berdasarkan hukum Massachusetts, apotek peracikan hanya boleh membuat dosis-dosis kecil berdasarkan resep pesanan.

Pejabat-pejabat sedang menyelidiki apakah perusahaan tersebut melanggar hukum negarabagian dengan membuat steroid dalam jumlah besar dan menjualnya keluar negarabagian.

Menurut pejabat-pejabat kesehatan, kasus jamur meningitis kini dilaporkan di 13 negara bagian. Mayoritas kasus terdapat di negara bagian Tennessee, Michigan dan Virginia.
XS
SM
MD
LG