Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Wabah Kolera di Haiti Dekati 1200 Orang


Seorang dokter di rumah sakit Haiti memeriksa anak yang mengalami gejala kolera.

Seorang dokter di rumah sakit Haiti memeriksa anak yang mengalami gejala kolera.

Sementara, lebih dari 18.400 orang dirawat di rumahsakit sejak penyakit kolera pertama kali dilaporkan sebulan lalu.

PBB berusaha mendapatkan lebih banyak pasokan medis bagi Haiti yang dilanda kolera, sementara petugas kesehatan mengatakan jumlah korban terus bertambah mendekati 1200 orang.

Kementerian Kesehatan Haiti mengatakan lebih dari 18.400 orang dirawat di rumahsakit sejak penyakit yang bersumber dari air kotor itu pertama kali dilaporkan sebulan lalu, dan kelompok-kelompok bantuan memperingatkan kekerasan baru-baru ini menyulitkan pengiriman pasokan kepada mereka yang membutuhkan sehingga menambah jumlah korban tewas.

Badan-badan bantuan hari Jumat memperingatkan meluasnya kerusuhan dan bentrokan dengan pihak berwenang menghalangi pengiriman pasokan penting ke wilayah yang paling parah dilanda kolera.

Para pejabat PBB mengatakan dugaan bahwa pasukan penjaga perdamaian dari Nepal menularkan Kolera ke Haiti didorong motif politik, berasal dari faksi-faksi yang hendak mengacaukan Pemilu yang akan datang di negara di kepulauan Karibia itu.

Jurubicara PBB mengatakan pakar-pakar penyakit dari Perancis telah bertemu pejabat penjaga perdamaian, dan bahwa misi itu bersedia ikut dalam penyelidikan lebih jauh mengenai dari mana perebakan kolera itu bersumber.

XS
SM
MD
LG