Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Tragedi Haji Terus Meningkat


Jemaah haji dan petugas penyelamat berkumpul di sekitar korban yang terinjak-injak dalam tragedi di Mina, Arab Saudi (24/9).

Jemaah haji dan petugas penyelamat berkumpul di sekitar korban yang terinjak-injak dalam tragedi di Mina, Arab Saudi (24/9).

Jumlah yang meninggal terus meningkat setelah masing-masing negara mengidentifikasi jenazah dan menentukan keberadaan ratusan jemaah yang masih hilang.

Insiden terinjak-injak dan desak-desakan dalam ibadah haji bulan lalu di Arab Saudi menewaskan sedikitnya 2.177 jemaah, menurut hasil penghitungan terbaru kantor Associated Press hari Senin (19/10), setelah para pejabat di kerajaan itu mengadakan pertemuan untuk membicarakan tragedi itu.

Jumlah yang meninggal terus meningkat akibat bencana tanggal 24 September di Minta itu setelah masing-masing negara mengidentifikasi jenazah dan menentukan keberadaan ratusan jemaah yang masih hilang.

Angka resmi korban jiwa Saudi 769 dan 934 cedera belum berubah sejak tanggal 26 September dan para pejabat belum menjelaskan perbedaan angka itu.

Putra Mahkota Mohammed bin Naif bin Abdul Aziz, yang juga menteri dalam negari kerajaan itu, memimpin rapat Senin malam mengenai bencana di Mina itu, menurut kantor berita resmi Saudi. Laporan kantor berita itu tidak menyebut jawaban resmi atas peningkatan jumlah yang meninggal.

Raja Salman telah memerintahkan penyelidikan bencana itu, yang paling banyak menjatuhkan korban jiwa dalam sejarah ibadah haji. Insiden itu terjadi menyusul jatuhnya tiang derek di Mekah bulan itu juga yang menewaskan 111 jemaah. Kedua bencana itu telah menodai ibadah haji pertama di bawah kepemimpinan raja tersebut sejak ia naik tahta pada awal tahun ini. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG