Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Wabah Meningitis di AS Jadi 23 Orang


Tercemarnya obat steroid oleh jamur mengakibatkan perebakan wabah meningitis di AS yang sudah menewaskan 23 orang (foto: dok).

Tercemarnya obat steroid oleh jamur mengakibatkan perebakan wabah meningitis di AS yang sudah menewaskan 23 orang (foto: dok).

Dua lagi pasien meninggal akibat meningitis jamur yang langka, sehingga jumlah korban tewas wabah yang merebak di beberapa negarabagian Amerika itu menjadi 23 orang.

Menurut pejabat-pejabat kesehatan federal Amerika, jumlah kasus yang dikukuhkan naik setidaknya 281 di 16 negarabagian. Kasus terbanyak terdapat di Tennessee, 69 kasus.

Tetapi pejabat-pejabat percaya sebanyak 14 ribu orang di 23 negarabagian disuntik steroid yang tercemar untuk mengatasi nyeri punggung atau sendi.

Perusahaan pembuat steroid itu, New England Compounding Center, yang kini tutup, memproduksi obat yang tercemar jamur itu. Pejabat-pejabat federal sedang menyelidiki perusahaan itu karena diduga membuat dosis obat dalam jumlah besar. Farmasi itu hanya diizinkan membuat sejumlah kecil obat berdasarkan resep.

Sejumlah korban dan keluarga mereka berencana menuntut perusahaan itu.

Meningitis adalah penyakit yang menginfeksi selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis jamur merupakan jenis penyakit meningitis paling langka. Jenis lain disebabkan bakteri, virus, atau parasit.
XS
SM
MD
LG