Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Ledakan Tangki Minyak di Sudan Selatan Jadi 182 Orang


Peta kota Maridi, tempat terjadinya ledakan mobil tangki minyak di Sudan Selatan hari Rabu (16/9).

Peta kota Maridi, tempat terjadinya ledakan mobil tangki minyak di Sudan Selatan hari Rabu (16/9).

Ledakan mobil tangki minyak itu terjadi di sebuah jalan di dekat kota Maridi, sekitar 250 kilometer sebelah barat ibukota, Juba hari Rabu (16/9).

Para pejabat di Sudan Selatan kini menyatakan sedikitnya 182 orang tewas akibat meledaknya sebuah mobil tangki minyak yang terbalik. Ledakan itu menewaskan orang-orang yang berusaha mengambil minyak.

Para pejabat semula melaporkan korban tewas dalam ledakan hari Rabu (16/9) itu 85 orang, tetapi pada hari Jumat, jumlah korban meningkat drastis.

Ledakan itu terjadi di sebuah jalan di dekat kota Maridi, sekitar 250 kilometer sebelah barat ibukota, Juba.

Pejabat kota Maridi, John Saki, mengatakan kepada kantor berita Perancis bahwa jumlah korban tewas bisa mencapai 176 orang. Ia mengatakan sekitar seribu orang mengerumuni sekeliling mobil tangki itu untuk mengambil minyak setelah mobil itu terbalik hari Rabu.

Mariam Tito, kepala distrik Mambe Mayan, mengatakan kepada VOA hari Kamis bahwa korban tewas kemungkinan besar bertambah karena parahnya luka bakar para korban.

Ledakan semacam itu biasa terjadi di negara miskin di Afrika Timur itu, di mana rakyat kerap mengerumuni mobil-mobil tangki yang mogok untuk mencuri minyak. Pada Juni 2013, 30 orang tewas akibat ledakan truk bahan bakar di Uganda.

XS
SM
MD
LG