Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Kebakaran Kelab Malam di Rumania Jadi 46 Orang


Warga Rumania melakukan protes atas insiden kebakaran di kelab malam "Collectiv", dalam aksi unjuk rasa di ibukota Bukares, hari Selasa (3/11).

Warga Rumania melakukan protes atas insiden kebakaran di kelab malam "Collectiv", dalam aksi unjuk rasa di ibukota Bukares, hari Selasa (3/11).

Pemain drum kelompok heavy-metal yang pentas di kelab malam di Rumania ketika kebakaran terjadi, Bogdan Enache dilaporkan meninggal Minggu malam (8/11).

Pemain drum kelompok heavy-metal “Goodbye to Gravity” yang sedang pentas di sebuah klub malam di Rumania ketika kebakaran terjadi – Bogdan Enache – Minggu malam (8/11) meninggal, menambah korban tewas akibat musibah itu menjadi 46 orang. Direktur Medis rumah sakit khusus pasien luka bakar di Rumania – Christian Nitescu – menyampaikan hal ini kepada media.

Kementerian Dalam Negeri Rumania mengatakan Enache diterbangkan dengan pesawat militer ke Zurich – Swiss Sabtu sore untuk merawat luka bakar yang diderita ketika ia mengalami gagal jantung.

Pesawat itu pun kemudian kembali ke Bukares (Bucharest), sementara tim medis berupaya melakukan resusitasi selama 70 menit. Enache meninggal ketika pesawat mendarat kembali di Rumania.

Kebakaran terjadi di klub malam "Colectiv" ketika sedang berlangsung konser kelompok heavy mental tersebut, setelah muncul api akibat percikan petasan yang menjadi hiasan. Dua gitaris kelompok itu meninggal akibat luka-luka yang dideritanya.

Puluhan orang yang luka-luka dalam kebakaran itu masih dirawat di rumah sakit dengan luka bakar serius, sehingga membuat pihak berwenang mengingatkan bahwa jumlah korban meninggal bisa meningkat.

Kematian Enache adalah yang kematian keempat yang dilaporkan hari Minggu. Sebelumnya Nitescu melaporkan seorang laki-laki juga meninggal akibat luka-luka yang dideritanya di rumah sakit khusus luka bakar itu Sabtu malam.

Kantor berita Mediafax melaporkan dua pasien lainnya meninggal Sabtu pagi di rumah sakit darurat Floreasca – yaitu seorang warga Turki yang sedang berkuliah di Rumania dan seorang perempuan yang bekerja di klub malam itu.

Sembilan orang meninggal hari Sabtu – jumlah terbesar dalam waktu satu hari – setelah Perdana Menteri Victor Ponta dan kabinetnya mengundurkan diri Rabu lalu (4/11) pasca demonstrasi massa yang hingga kini masih berlanjut. [em/jm]

XS
SM
MD
LG