Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Akibat Ebola Menjadi 887 Orang


Kendaraan medis keliling di Monrovia, Liberia untuk mengangkut pasien ebola (foto: dok).

Kendaraan medis keliling di Monrovia, Liberia untuk mengangkut pasien ebola (foto: dok).

Badan Kesehatan Sedunia (WHO) mengeluarkan angka tersebut hari Senin (3/8), sementara puluhan kasus kematian baru dilaporkan terjadi di Afrika barat.

Jumlah korban tewas akibat wabah Ebola di Afrika Barat melonjak menjadi hampir 900 orang, dengan puluhan kasus kematian baru dilaporkan terjadi di Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

Badan Kesehatan Sedunia (WHO) mengeluarkan angka tersebut hari Senin sewaktu pihak berwenang di Nigeria melaporkan kepastian tentang kasus Ebola kedua yang terjadi pada seorang dokter yang merawat pasien pertama Ebola di Nigeria dan meninggal dunia di Lagos tanggal 25 Juli lalu.

WHO mengatakan jumlah kasus di keempat negara Afrika Barat mencapai 1.603 kasus, termasuk 887 korban tewas.

Sementara itu seorang dokter Amerika yang tertular Ebola ketika merawat pasien-pasiennya di Liberia, dan kini dirawat di rumah sakit Emory – Atlanta dilaporkan kondisinya membaik.

Kelompok derma Kristiani “Samaritan’s Purse” mengatakan Dr. Kent Brantly menerima satu dosis serum percobaan sebelum meninggalkan Liberia dan juga menerima darah dari seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yagn dirawatnya dan selamat dari virus Ebola.

Seorang misionaris Amerika lainnya yang juga tertular Ebola di Liberia – Nancy Writebol – diperkirakan akan diterbangkan ke Atlanta hari Selasa. Ia juga akan dirawat di rumah sakit Emory.

XS
SM
MD
LG