Tautan-tautan Akses

Korban Selamat Kenang Tenggelamnya Kapal Trenggalek


Korban yang selamat dari tenggelamnya kapal Trenggalek dirawat di penampungan sementara (Foto: dok).

Korban yang selamat dari tenggelamnya kapal Trenggalek dirawat di penampungan sementara (Foto: dok).

Dari tempat tidur rumah sakit, para imigran malang yang selamat dari tenggelamnya kapal Trenggalek, menceritakan kengerian yang mereka alami selama tiga hari dalam ombak dahsyat di lepas pantai Indonesia menuju Australia.

Mahasiswa Afghanistan berusia 17 tahun Samin Gul Afghani menangis ketika dia menggambarkan paman dan dua adiknya tenggelam karena keletihan.

Afghani, satu dari 13 orang yang selamat didapati 100 kilometer dari tempat tenggelamnya kapal, Sabtu, mengenang puluhan orang migran senasib tenggelam sementara mereka menunggu dengan sia-sia untuk diselamatkan. Mereka yang selamat mengatakan, kebanyakan dari 250 migran di kapal naas itu adalah warga Afghanistan atau Iran.

Sejauh ini, 47 diselamatkan setelah kapal fiberglass, yang berkapasitas 100 orang tetapi memuat 250 migran, tenggelam 60 kilometer di lepas pantai Pulau Jawa.

34 dari mereka diselamatkan oleh nelayan dari laut yang dihuni ikan paus Sabtu 6 jam setelah tenggelamnya kapal dan sekarang diidentifikasi secara resmi oleh organisasi internasional urusan migrasi.

XS
SM
MD
LG