Tautan-tautan Akses

Korban Jiwa Tsunami Mentawai Meningkat, 370 Tewas


Seorang ibu menangisi suaminya yang meninggal akibat tsunami, didampingi dua anak perempuannya di Pulau Pagai, Mentawai.
Seorang ibu menangisi suaminya yang meninggal akibat tsunami, didampingi dua anak perempuannya di Pulau Pagai, Mentawai.

Regu SAR mengatakan sekitar 340 orang belum ditemukan di kepulauan Mentawai yang terpencil sejak terjadinya tsunami hari Senin.

Para pejabat penanggulangan bencana di Indonesia mengatakan jumlah kematian akibat tsunami pekan ini telah meningkat menjadi 370 orang.

Regu SAR mengatakan sekitar 340 orang belum ditemukan di kepulauan Mentawai yang terpencil sejak gelombang setinggi tiga meter menerjang hari Senin. Pejabat penanggulangan bencana Ade Edward mengatakan mereka menduga sekitar dua per tiga yang hilang mungkin tewas, karena terseret ke tengah laut maupun terkubur di bawah pasir.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi wilayah bencana di lepas pantai barat Sumatera itu hari Kamis sementara para petugas SAR mengantarkan makanan, tenda dan pakaian untuk para korban selamat.

Sementara, di Daerah Istimewa Yogyakarta, letusan Gunung Merapi yang telah menewaskan 33 orang dan mengakibatkan 40.000 orang meninggalkan rumah mereka pekan ini mulai meletus lagi hari Kamis, memuntahkan awan panas dan abu ke desa-desa di sekitarnya.

Uni Eropa telah menjanjikan bantuan dua miliar dolar bagi para korban selamat dari bencana alam terbaru ini di Indonesia.

XS
SM
MD
LG