Tautan-tautan Akses

Korban Tewas akibat Gempa Turki Meningkat Jadi 459 Orang


Tim penyelamat berhasil mengeluarkan Gozde Bahar dari reruntuhan gedung di Ercis, selatan Turki dan membawanya ke ambulans (26/10).

Tim penyelamat berhasil mengeluarkan Gozde Bahar dari reruntuhan gedung di Ercis, selatan Turki dan membawanya ke ambulans (26/10).

Korban jiwa gempa Turki meningkat hingga mencapai 459, sementara ratusan orang diperkirakan masih terperangkap di bawah reruntuhan gedung.

Jumlah yang meninggal akibat gempa bumi hari Minggu di Turki tenggara telah meningkat ke 459 orang. Paling sedikit 1.300 orang cedera.

Jumlah korban gempa berkekuatan 7,2 skala Richter itu diperkirakan akan meningkat, karena ratusan, bahkan ribuan orang, masih terkurung di bawah reruntuhan dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Para pekerja bantuan yang terus mencari orang yang masih hidup berhasil menolong bayi berusia dua minggu beserta ibunya dari reruntuhan gedung apartemen yang rubuh hari Selasa. Keduanya terkurung di dalam selama hampir 48 jam setelah gempa itu merubuhkan lebih dari 2.000 bangunan. Ayahnya juga di dalam reruntuhan, dan tidak jelas apakah ia masih hidup.

Militer Israel telah menjawab permohonan resmi Turki akan bantuan dengan janji mengirim peralatan khusus, termasuk unit-unit perumahan darurat, secepat mungkin. Turki sebelumnya menolak tawaran bantuan Israel bagi para korban yang kehilangan tempat tinggal dalam gempa itu.

Hampir 90 negara telah menawarkan bantuan, tetapi Turki telah menerima pertolongan hanya dari Iran dan Azerbaijan, yang berbatasan dengan daerah yang dilanda gempa tersebut.

Federasi Palang Merah Internasional mengatakan cabangnya di Turki sedang giat membantu orang yang selamat dan menjangkau korban yang terperangkap dalam reruntuhan itu. Palang Merah mengatakan lebih dari 7.500 kemah dan 22 ribu selimut telah dibagi-bagikan, serta kompor-masak, makanan dan air bersih. Ratusan petugas pertolongan bekerja sepanjang malam dengan peralatan berat untuk mengangkat tembok-tembok semen yang runtuh, dengan harapan akan menemukan korban yang selamat.

XS
SM
MD
LG