Tautan-tautan Akses

Korban Gempa di Pakistan Jadi 370 Tewas


Warga setempat berusaha membersihkan kendaraan dari reruntuhan akibat gempa di distrik Awaran – propinsi Baluchistan, Pakistan barat daya (25/9).

Warga setempat berusaha membersihkan kendaraan dari reruntuhan akibat gempa di distrik Awaran – propinsi Baluchistan, Pakistan barat daya (25/9).

Korban tewas akibat gempa dahsyat di distrik Awaran – propinsi Baluchistan, Pakistan barat daya hari Selasa (24/9) terus meningkat.

Pejabat-pejabat Pakistan mengatakan sedikitnya 370 orang tewas setelah ribuan rumah terbuat dari batako di daerah pegunungan, di distrik Awaran – propinsi Baluchistan, ambruk.

Ratusan orang luka-luka dan terpaksa mengungsi.

Sebelumnya Kepala Otoritas Manajemen Bencana Nasional Mayjen Saeed Aleem mengatakan pemerintah sudah mendirikan kamp-kamp penampungan di beberapa kota untuk membantu mereka yang terkena dampak gempa bumi tersebut.

Tim SAR berupaya memindahkan mereka yang luka-luka ke rumah sakit, tetapi upaya mereka terhambat akibat besarnya kerusakan yang meluas. Seorang pejabat lokal mengatakan warga yang selamat di daerah dekat perbatasan Iran itu, sangat membutuhkan tenda, obat-obatan dan makanan.

Militer Pakistan telah mengirim pasokan dan bantuan lewat udara ke daerah itu untuk membantu berbagai upaya pengungsian.

Gempa dahsyat yang menurut Badan Survei Geologi Amerika berkekuatan 7,7 pada skala Richter itu juga menyebabkan naiknya dasar laut, yang membentuk sebuah pulau kecil di pantai Pakistan selatan.

Gempa ini adalah yang terparah di Pakistan sejak tahun 2005 ketika gempa di dekat Kashmir menewaskan sedikitnya 73 ribu orang.

Badan Survei Geologi Amerika mengatakan pusat gempa berada sekitar 230 kilometer di barat daya Dalbandin – Baluchistan. Beberapa laporan mengatakan gempa terasa hingga ke New Delhi – India.
XS
SM
MD
LG