Tautan-tautan Akses

Korban Gempa di Himalaya Bertambah


Biksu muda melintasi rumah yang roboh akibat gempa berkekuatan 6.9 di Gangtok, India (19/9).

Biksu muda melintasi rumah yang roboh akibat gempa berkekuatan 6.9 di Gangtok, India (19/9).

Hingga saat ini, tim SAR terus berupaya untuk mencari korban yang hilang akibat gempa dan tanah longsor di pegunungan Himalaya.

Tim penyelamat melanjutkan usaha keras menerobos jalan-jalan rusak dan tanah longsor dalam usaha mencapai daerah-daerah yang dihantam gempa bumi Himalaya hari Minggu yang menewaskan paling sedikit 100 orang.

Gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter berpusat di negara bagian Sikkim, India, tetapi menyebabkan kerusakan dan korban tewas di seantero India timur laut, Nepal dan daerah Tibet di Tiongkok.

Pihak berwenang mengatakan gempa itu memicu terjadinya tanah longsor yang mengubur paling sedikit 40 pekerja dari pembangkit tenaga hidrolistrik di kota Saffo di negara bagian Sikkim, India utara. Paling sedikit 12 pekerja tewas seketika, dan banyak lainnya masih belum ditemukan.

Banyak di antara para korban di negara bagian Bihar dan Benggali Barat tewas akibat runtuhnya bangunan yang sebelumnya sudah lemah akibat hujan deras.

Pihak berwenang Nepal melaporkan delapan orang tewas berkaitan dengan gempa, sementara kantor berita Tiongkok Xinhua mengatakan paling sedikit 7 orang tewas di Tibet selatan.

XS
SM
MD
LG