Tautan-tautan Akses

Korban Bencana Tambang di Turki Meningkat Jadi 205 Orang


Seorang pekerja tambang yang terluka dibawa ke ambulans setelah diselamatkan dari kecelakaan tambang batubara di Soma, Provinsi Manisa, Turki Barat (14/5).

Seorang pekerja tambang yang terluka dibawa ke ambulans setelah diselamatkan dari kecelakaan tambang batubara di Soma, Provinsi Manisa, Turki Barat (14/5).

Para pejabat mengatakan 787 orang berada di dalam tambang ketika sebuah unit listrik meledak, dan menimbulkan kebakaran di pertambangan batubara di provinsi Manisa, Turki barat.

Para petugas pertolongan di Turki terus mencari para korban yang selamat setelah sebuah ledakan listrik dan kebakaran di sebuah pertambangan menewaskan sedikitnya 205 orang. Ini merupakan salah satu bencana pertambangan terburuk yang dialami negara itu.

Para petugas pertolongan memompakan udara segar ke dalam pertambangan di kota Soma, Turki, sebelah selatan Istanbul itu, sementara mereka berjuang untuk mengeluarkan ratusan buruh tambang yang terjebak di dalamnya.

Para pejabat mengatakan ada 787 orang di dalam tambang ketika sebuah unit listrik meledak, dan menimbulkan kebakaran di dalam pertambangan di provinsi Manisa, Turki barat itu. Para pejabat memperingtakan, jumlah korban kemungkinan akan meningkat.

Presiden Turki Abdullah Gul telah memerintahkan gubernur Manisa mengerahkan semua sumber-daya yang tersedia untuk menolong buruh tambang tersebut. Tim-tim pertolongan sejauh ini telah membantu pengungsian ratusan buruh tambang.

Perdana Menteri Recep Tayyp Erdogan telah menyatakan tiga hari masa berkabung nasional dan ia menunda kunjungan satunya hari ke Albania yang tadinya dijadwalkan berlangsung Rabu.

Tambang-tambang batu bara Turki terkenal berbahaya sehingga mendorong sejumlah anggota parlemen menuntut penyelidikan mengenai kondisi keamanan yang buruk.
XS
SM
MD
LG